Ilustrasi Hutang Beberapa Negara di Dunia | Pamungkas [dot] id
logo blog
Selamat Datang di Pamungkas [dot] id
Terima kasih atas kunjungan Anda di Pamungkas.id, silahkan tinggalkan komentar atau email ke jiwa.pamungkas@gmail.com untuk berdiskusi
Disclaimer: Blog ini merupakan blog personal, Penulis tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kesalahan dan kerugian akibat penggunaan data dalam blog ini
baik secara langsung maupun tidak langsung. Terutama yang berkaitan dengan data teknis. Jadilah netizen yang bijak.

Ilustrasi Hutang Beberapa Negara di Dunia

Pamungkas.id - Hutang adalah salah satu instrumen yang tidak bisa dipisahkan ketika membicarakan ekonomi. tidak terkecuali ekonomi sebuah negara. Negara dengan sistem fiskalnya (yang saya tidak tahu bagaimana-karena saya bukan ekonom) memiliki hutang untuk menunjang keberlangsungan pemerintahnya. Bahkan negara- negara yang tergolong maju pun nominal hutangnya tergolong fantastis. Untuk membayangkan banyaknya uang hutang tersebut maka ilustrasi berikut ini dapat membantu anda.
Andaikan saja uang yang kita pakai adalah pecahan seratus US dollar seperti ilustrasi berikut:
pecahan_100dollar
Maka dengan 10.000 dollar kita akan cukup punya uang untuk liburan mewah dan membeli mobil.
pecahan_100dollar
Lebih banyak lagi sampai 1 juta dollar maka ini merupakan rata- rata yang bisa dicapai manusia di bumi dengan bekerja selama 92 tahun. Yup 92 tahun! dengan asumsi dia sudah langsung bisa bekerja semenjak dilahirkan.
1juta_dollar
Dengan 100 juta dollar kita dapat duduk diatasnya layaknya seorang raja dengan puluhan gepok uang masih tersisa untuk kita pandangi dan berkhayal mau untuk apa. Sebanyak ini pula yang dihasilkan total dari rata- rata penghasilan setahun 3.500 orang Amerika.
100juta_dollar
Lebih banyak lagi yaitu 2 Milyar Dollar maka anda akan membutuhkan sebuah truk kontainer besar untuk membawanya.
2milyar_dollar
Dengan skala ilustrasi di atas lantas bagaimana jumlah hutang negara- negara di dunia pada tahun 2014 kemarin? di bawah ini ilustrasinya:
1. Brazil
utang_brazil
Dengan jumlah total hutang sebesar 1.073 Milyar US dollar maka itu sebanyak empat tumpukan raksasa setinggi patung Cristo Redentor yang tersohor, dengan masih menyisakan puluhan truk- truk yang juga mengangkut uang.
2. India
hutang_india
Total hutang India adalah 1.211 Milyar US dollar itu yang berarti apabila ditumpuk akan hampir setinggi kubah Taj Mahal dan tentu saja masih menyisakan 20 truk pengangkut uang terparkir di pelatarannya.
3. Inggris
hutang_inggris
Bagaimana dengan Inggris? Negara maju ini pun memiliki total hutang sebesar 1.611 Milyar US dollar yang hampir setinggi sisi kanan tembok gedung parlemen dan deretan truk- truk pengangkut uang memenuhi parkiran. Jumlah ini sekitar 70% dari total kekayaan negara tersebut. Melampaui standar stabilitas ekonomi Uni Eropa yang ditetapkan maksimal hutang sebesar 60% dari kekayaan total negara.
4. Italia
hutang_italia
Italia memiliki hutang sebesar 2.500 Milyar US dollar yang apabila kita tumpuk didalam Colleseum maka akan seperti gedung pencakar langit yang terdiri dari uang.
5. Kanada
utang_kanada
Kanada memiliki hutang sebesar 535,3 Milyar USD yang berarti juga hampir setinggi menara parlemen mereka.
6. Jepang
hutang_jepang
Total hutang jepang sebesar 12,44 Milyar USD. Tidak terlalu banyak dari negara sebelumnya tapi apabila uang tersebut kita tumpuk di sekitar reaktor nuklir Fukushima, maka itu akan cukup memagari sekelilingnya. siapa tau saja itu akan mengamankan dari Tsunami.
7. Rusia
utang_rusia
Motherland Rusia sepertinya telah melakukan hal yang benar. Hutang negara tersebut sebesar 45 Milyar USD hanya sekitar 2,5 % dari total GDP-nya. hal ini karena didukung ekspor sektor minyak dan gas bumi yang masih sangat baik.
8. Jerman
hutang_jerman
Hutang negara Jerman sebesar 2.634 Milyar USD. Itu setara lebih dari 5 gedung 30 lantai. Wow!!
9. Perancis
hutang_perancis
Perancis memiliki hutang 2.193 Milyar USD yang apabila ditumpuk akan lebih tinggi dari menara Eiffel.
10. Amerika Serikat
hutang_amerika
Amerika sebagai negara super power pun ternyata memiliki hutang yang jauh lebih fantastis yaitu sebesar 15.527 Milyar USD. Yang artinya kita akan memiliki satu kompleks gedung perkantoran yang isinya uang, lengkap dengan satu gedung pencakar langit. beserta puluhan truk yang juga isinya uang.
11. China
utang_china
Lalu bagaimana dengan China yang merupakan raksasa ekonomi dunia. China memiliki hutang sebesar 1.069 Milyar USD, jumlah ini pun fantastis karena akan setinggi menara Oriental Pearl di Shanghai. Akan tetapi karena jumlah penduduk yang besar ternyata pertumbuhan ekonomi yang fantastis jumlah ini hanya sebesar 17,5 % dari total kekayaan China.
Bagaimana dengan Indonesia? hutang Indonesia berkisar 300 Milyar USD, jumlah yang fantastis tentu saja untuk sebuah negara berkembang. Ilustrasinya mana? belum nemu. tapi yang jelas kan lebih tinggi dari monas.

Salam…
Enter your email address to get update from Coco.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 comments:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Buat ulasan ini jauh lebih menarik dengan mengirim komentar dan saran, bisa juga melalui e-mail: jiwa.pamungkas@gmail.com, atau twitter @cocoricodisko. Thanks

Copyright © 2014. Pamungkas [dot] id - All Rights Reserved | Privacy Policy | Template Created by Coco Proudly powered by Blogger
close