Kalkulator Perhitungan Kemampuan Dasar (KD) | Pamungkas [dot] id
logo blog
Selamat Datang di Pamungkas [dot] id
Terima kasih atas kunjungan Anda di Pamungkas.id, silahkan tinggalkan komentar atau email ke jiwa.pamungkas@gmail.com untuk berdiskusi
Disclaimer: Blog ini merupakan blog personal, Penulis tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kesalahan dan kerugian akibat penggunaan data dalam blog ini
baik secara langsung maupun tidak langsung. Terutama yang berkaitan dengan data teknis. Jadilah netizen yang bijak.

Kalkulator Perhitungan Kemampuan Dasar (KD)

 

hitung kemampuan dasar

Pamungkas.id - Dalam tender konstruksi dikenal adanya perhitungan Kemampuan Dasar (KD) bagi kontraktor. Kemampuan Dasar ini dihitung berdasarkan pengalaman berupa nilai kontrak perusahaan/ kontraktor tersebut dalam kurun waktu 15 (lima belas) tahun terakhir.

Untuk pengalaman rentang 15 tahun tentu harus dilakukan yang namanya perhitungan present value (nilai sekarang) dengan menggunakan indeks yang dirilis oleh BPS dalam hal ini digunakan Indeks Harga Perdagangan Besar  Bahan Bangunan/Konstruksi.

Terkait hal ini saya pernah menjelaskan secara detail dalam 3 postingan sebelumnya tentang dampak akibat tidak dilakukan perhitungan present value, dampak apabila melakukan present value tanpa memperhitungkan penyamaan tahun dasar indeks BPS, serta saya berikan contoh perhitungan yang benar.


Terkait perhitungan tersebut saya coba menyajikannya dalam spreadsheet excel sehingga dapat lebih mudah untuk digunakan dalam menghitung KD. Adapun link nya dapat anda download di bawah ini


Dalam spread sheet tersebut anda hanya perlu memasukkan nilai kontrak pada saat PHO, indeks pada bulan dilakukan PHO, dan indeks pada bulan dilakukan evaluasi kualifikasi.

Untuk pengalaman yang PHO sebelum Januari 2009 gunakan tabel 1. saya tampilkan contoh pekerjaan PHO di Oktober 2005 dan tender di bulan Juli 2020 dengan nilai pengalaman Rp 100 M, maka KD anda adalah Rp 832,74 M.

KD1

Untuk Pengalaman yang PHO bulan Januari 2009 s/d Oktober 2013 gunakan tabel 2. Saya tampilkan contoh pekerjaan PHO di Februari 2010 dan tender di bulan Juli 2020 dengan nilai pengalaman Rp 100 M, maka KD anda adalah Rp 439,07 M.

KD2

Untuk Pengalaman yang PHO bulan November 2013 s/d November 2019 gunakan tabel 3. Saya tampilkan contoh pekerjaan PHO di Januari 2015 dan tender di bulan Juli 2020 dengan nilai pengalaman Rp 100 M, maka KD anda adalah Rp 339,45 M.

KD3

Untuk pengalaman Desember 2019 dst tidak perlu dilakukan perhitungan present value karena untuk tender 2020 kemungkinan nilainya tidak berubah.

Yang harus menjadi catatan, perhitungan di atas saya menggunakan indek "Konstruksi Indonesia/ General Index of Construction". Dalam hal digunakan indeks yang lain maka nilainya akan sedikit berbeda akan tetapi cara perhitungannya akan sama.

Demikian semoga dapat membantu.

Enter your email address to get update from Coco.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments

Buat ulasan ini jauh lebih menarik dengan mengirim komentar dan saran, bisa juga melalui e-mail: jiwa.pamungkas@gmail.com, atau twitter @cocoricodisko. Thanks

Copyright © 2014. Pamungkas [dot] id - All Rights Reserved | Privacy Policy | Template Created by Coco Proudly powered by Blogger
close